Sabtu, 05 November 2011

MSDM jilid 1

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu institusi untuk mengatur sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi, yang akan mengelompokkan berdasarkan kemampuan dan keahlian sumber daya manusia tersebut untuk mencapai tujuan organisasi. di sini saya akan sedikit membahas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia.

Fungsi Managerial sendiri adalah sebagai berikut;
• Perencanaan
• Penornisasian
• Penstafan
• Pengawasan
• Pelaksanaan
• Pengendalian
• Evaluasi
Fungsi operasional adalah sebagai berikut;
1. Procurement
2. Development
3. Conpensation
4. Intergration
5. Maintenance
6. Separation

Tantangan MSDM dan Masalah utama dalam perusahaan;
1. Persaingan global
2. Pengangguran
3. Tanggung jawab social
4. Kesehatan, makanan,perumahan
5. Masalah yang tak teridentifikasi
6. Etika
7. Keragaman kerja dunia
8. Pertumbuhan penduduk

Strategi MSDM
Dari semua yang diatas akan muncul strategi MSDM yang berperan sebagai penentu arah suatu organisasi dan pelaksanaan keputusan untuk mencapai target jangka pendek maupun jangka panjang suatu organisasi. Dengan proses mendayagunakan SDM sebagai tenaga kerja.
Aspek utama strategi manajemen yang pertama strategi perusahaan yang konsisten memposisikan dirinya secara relative terhadap para pesaing dan yang kedua strategi untuk mencapai tujuan perusahaan dalam lingkungan yang sedang dihadapi saat ini.

Analisis pekerjaan
Setelah perencanaan strategi MSDM ditentukan langkah selanjutnya adalah analisis pekerjaan yang berperan sebagai desain perusahan, kebutuhan peramalan,kinerja perencanaan dan umpan balik, perencanaan dan pengembangan manajemen, pendidikan dan pengembangan,perencanaan karir, seleksi karyawan, serta evaluasi pekerjaan.
Analisis pekerjaan terbagi menjadi dua yaitu diskripsi dan spesifikasi pekerjaan.
Diskripsi pekerjaan adalah hasil analisis pekerjaan dalam proses menghimpun dan mengolah informasi mengenai pekerjaan. Bukan membahas orang atau pekerjaan tetapi masalah ruang lingkup kegiatan fungsi dasar atau tugas pokok, nama pekerjaan, wewenang, kewajiban, tanggung jawab,criteria penilaian dan hasilnya. Sementara spesifikasi pekerjaan adalah karakter atau syarat-syarat kerja yang harus dipenuhi (syarat pengetahuan, ketrampilan atau keahlian, kemampuan mental atau fisik).
Hubungan analisis pekerjaan dengan program perencanaan SDM adalah;
• Syarat individu (perencanaan karier individu dan pelatihan pengembangan)
• Tugas pekerja / struktur pekerja (penerimaan dan seleksi, perencanaan tenaga kerja, perencanaan organisasi,dan manajemen karier organisasi)
• Taksiran potensi
• Penilaian kerja
• Evaluasi pekerjaan (kompensasi)
Jika perencanaan strategi MSDM dan analisis pekerjaan sudah disusun dengan baik maka proses selanjutnya adalah rekrutmen.
Rekrutmen adalah sebuah proses untuk mendapatkan calon-calon karyawan untuk kemudian diseleksi mana yang paling baik dan paling sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.



Rekrutmen

Dari pembahasan di atas, saya akan meimplementasikannya kedalam sebuah contoh…
Emmmm…. Misalnya sebuah perusahaan pabrik mobil X…
Si manajer harus pintar-pintar mengatur strategi MSDM yang dia kelola. Isu yang terjadi juga akan mempengaruhi dalam strategi MSDM ini… Contoh Perusahaan mobil X ini sudah termasuk perusahaan besar. Analisis data yang mungkin dapat dilakukan manajer dalam mengatur strategi adalah sebagai berikut;
1. Mendefinisikan filosofi perusaan sebagai langkah awal. Misal…. Apa sih motif dari pemilik/ manajer mendirikan perusahaan ini? Oh… ini adalah perusahaan mobil dan motifnya adalah memenuhi kebutuhan pelanggan dengan mengelola dan memiliki pegawai yang berpengalaman dan berbekal ilmu teknologi.
2. Mengkaji kondisi lingkungan eksternal maupun internal. Misal… kemungkinan-kemungkinan perubahan tekonologi , social, ekonomi dan budaya yang akan menjadi ancaman bagi perusahaan. Masalah lain yang kemungkinan akan muncul adalah ekspansi global, persaingan domestic maupun internasional. Jelas perusahaan mobil tidak hanya satu jadi kemungkinan terjadi harus di antisipasi.
3. Mengavaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan. Semua harus dipikirkan kemungkinan kendala yang terjadi maupun factor yang dapat meningkatkan bisnis perusahaan didalam perusahaan. Dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan ataupun strategi pasar yang baik maka akan mampu meningkatkan penjualan misalnya.
4. Menentukan tujuan dan sasaran perusahaan. Siapa segmen pasarnya? Apa kebutuhan masyarakat? Ini adalah perusahaan mobil yang tergolong perusahaan besar sehingga perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan pasar. Contoh segmennya untuk penggunaan keluarga, untuk touring, untuk cewek, untuk mengangkut barang semua ada segmen dan target yang harus dipikirkan oleh manajer dengan mengelola SDM yang mampu mencapai hal ini yaitu inovasi misalnya.
5. Menyusun strategi akhir. Program apa yang harus dilakukan untuk menyukseskan produk yang akan di buat.
Setelah strategi disusun dengan baik, maka proses selanjutnya adalah analisis pekerjaan. Dalam analisis pekerjaan perlu tindakan-tindakan sebagai berikut untuk mencapai tujuan perusahaan;
a. Evaluasi peran lingkungan terhadap pekerjaan individu.
b. Kaji kemungkinan ada persyaratan pekerjaan yang using.
c. Ciptakan peraturan yang menguntungkan semua pihak.
d. Rancang kebutuhan SDM masa depan.
e. Sesuaikan antara jumlah pelamar dan pekerjaan yang tersedia.
f. Rancang kebutuhan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan baru maupun sudah berpengalaman.
g. Rancang rencana pengembangan potensi karyawan.
h. Tentukan standar kerja/prestasi yang realistis.
i. Penempatan karyawan hendaknya sesuai minat dan keahlian yang dia miliki.
j. Berikan kompensasi yang wajar.
Sedangkan deskripsi dan spesifikasi pekerjaan saya rasa sudah jelas bahwa, deskripsi jabatan berisi

1. Identifikasi Jabatan
A. Nama jabatan
B. Nama jabatan pandanan
C. Kode jabatan


2. Sifat Jabatan
A. Uraian jabatan
B. Wewenang
C. Hubungan dengan jabatan
D. Supervisi yang diperlukan
E. Peralatan yang digunakan
F. Kondisi kerja

3. Tentang Kualifikasi
A. Kualifikasi umum
B. Kualifikasi khusus

Contohnya deskripsi jabatan ini adalah papan jabatan/struktur jabatan dalam sebuah organisasi dan direktur sampai bagian-bagian personalia.


Sedangkan isi spesifikasi jabatan adalah
1. Syarat Umum
A. Pendidikan umum
B. Pengalaman

2. Syarat Khusus
A. Kondisi fisik / mental
B. Jenis kelamin
C. Minat dan bakat

Analisis pekerjaan sudah dilakukan dan akan mendapatkan hasil bahwa karyawan yang dibutuhkan untuk perusahaan mobil X ini adalah bla… bla… bla…
Maka akan lakukan proses rekrutmen. Dalam proses rekrutmen ada dua metode yaitu rekrutmen internal dan rekrutmen eksternal. Jika lowongan pekerjaan yang dibutuhkan hanya sedikit dan skala perusahaan kecil maka perusahaan tersebut sebaiknya hanya menggunakan metode internal saja. Yang tidak membutuhkan terlalu banyak biaya dan sudah terbiasa dengan keadaan perusahaan. Misalnya bekerja pada keluarga sendiri atau teman sendiri. Hanya saja kelemahannya adalah pembatasan terhadap bakat-bakat lain, mengurangi peluang.
Berhubung saya mengambil perusahaan mobil yang berskala besar maka mungkin saja perusahan menggunakan metode internal untuk mendapatkan pekerja yang masih fresh dan inovasi yang baru.
Rekrutmen biasa dilakukan tergantung kebijakan masing-masing dari perusahaan.