Sabtu, 26 Maret 2011

ACCOUNTING MENJADI LEBIH MUDAH DENGAN SENTUHAN IT

Di zaman sekarang melakukan ACCOUNTING dengan cara tradisional “JADUL” yang identik dengan menulis di buku dan menggunakan kalkulator terasa sangat ketinggalan Zaman. Semua akan terasa menjadi lebih mudah apabila kita dapat memanfaatkan IT yang telah ada. Nah...inilah pengalaman yang akan saya bagikan tentang mudahnya penggunaan IT pada ACCOUNTING bila dibandingkan dengan cara yang “JADUL”.

Dulu saya sering membantu ibu saya membuat pembukuan untuk laporan keuangan setiap bulannya. Saya merasa capek dan malas ketika harus menulis pembukuan itu secara manual. Terkadang tangan saya rasanya menjadi kekar karena terlalu banyak menulis. Saya pernah menyarankan kepada orang tua saya alangkah cepat dan mudahnya jika menggunakan sentuhan IT. Akan tetapi orang tua saya tidak setuju mungkin mereka berpikir bahwa IT itu "REMPONG" (repot) dan sulit di mengerti.
Kesulitan lain saya hadapi yaitu ketika saudara saya membuka sebuah usaha kecil (mini market). Saat itu saya dipanggil untuk melakukan penghitungan dan pelaporan yang dilakukan setiap akhir bulan. Yang dilakukan untuk mengetahui rugi dan keuntungan yang didapat, mencatat transaksi yang berkaitan dengan penjualan, mencatat transaksi yang berkaitan dengan pembelian yang terjadi, mengetahui persediaan barang, mengetahui pembelian barang, mengetahui penjualan barang, dan mengetahui asal barang. Bagi saya semua itu bukan hal yang mudah dilakukan. Saya harus menghitung dan melakukan pembukuan secara manual.

Secara tradisional mungkin memang lebih praktis jika pencatatan yang dilakukan hanya sedikit. Tetapi bisakah kalian bayangkan jika pembukuan itu banyak serta membuat bingung dan kesalahan sedikit saja akan membuat pembukuan kacau,melelahkan dan memakan waktu yang lama. Sedangkan dengan IT akan memudahkan kita dalam membuat laporan keuangan dan pelaporan keuangan. Semua transaksi dan pembukuan akan terasa mudah.

Dalam ACCOUNTING IT terdapat berbagai macam software yang memberikan kemudahan. Akan tetapi saya lebih memilih software MYOB ACCOUNTING adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ). Mengapa saya memilih software ini???

1. Software ini untuk membantu proses pekerjaan akuntansi supaya menjadi lebih cepat dan tepat.
2. Mudah digunakan dengan tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah di ingat, MYOB mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang komputer dan akuntansi.
3. Tingkat keamanan yang cukup untuk setiap pemakai ( user ).
4. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
5. Menampilkan laporan keuangan perbandingan serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik agar pelaporan keuangan mudah dimengerti.

Dari pengalaman yang saya alami didapat kesimpulan bahwa di zaman global seperti sekarang ini lebih mudah apabila melakukan segala sesuatunya dengan menggunakan teknologi, tidak terkecuali dalam hal ACCOUNTING. Namun semua memerlukan proses pembelajaran, maka marilah mulai dari sekarang kita membiasakan diri untuk tidak “GAPTEK” di zaman global seperti sekarang ini. Sekian pengalaman yang dapat saya bagikan. Semoga kita dapat menjadi lebih giat belajar agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat. Mohon maaf apabila ada salah kata….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar