Kamis, 21 Juni 2012

Beberapa Tips Untuk Bisnis Pemula

Saya mahasiswa STIE-Malangkucecwara yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di malang. sedikit banyak saya telah mendapatkan ilmu tentang bagaimana memulai bisnis, meskipun ilmu saya masih tidak seberapa. :) saat ini harusnya orang sudah menerapkan usaha sendiri dengan begitu bisa menyerap tenaga kerja yang baru, jangan hanya bangga menjadi pegawai negeri saja. Tapi lakukan sesuatu yang bisa menyerap tenaga kerja, dengan begitu bisa mengurangi pengangguran di Negara kita. Sebagian orang masih takut dan ragu untuk berwirausaha karena memikirkan hal-hal yang terkadang sesuatu itu tidak perlu dipikirkan. Suatu usaha jika tidak gagal untuk memulainya maka itu bukan usaha, orang sukses adalah orang yang bisa bangkit dari kegagalan.
Dari beberapa orang sukses yang saya ketahui kebanyakan dari mereka pun pernah mengalami kegagalan. Usaha itu tidaka akan selalu berjalan mulus. Jadi jika anda ingin memulai bisnis jangan takut untuk gagal. Berikut beberapa tips untuk bisnis pemula dari saya :)

1. Lihat Potensi Peluang Yang Ada. 
Maksudnya memulai bisnis harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar itu sendiri, sebisa mungkin dapat memenuhi kebutuhan pasar. Contohnya jilbab yang saat ini sudah semakin marak dengan model yang beraneka macam. Wanita berjilbab saat ini bukan lagi sekedar kewajiban, akan tetapi sudah mengarah ke style yang modis dalam berpakaian. 

2. Inovasi dan Kreatif.
Maksudnya dari berjual jilbab tersebut anda harus mengembangan gaya-gaya yang baru lagi selain model yang marak saat ini.  Adapun jenis usaha lain anda harus bisa selalu inovasi produk yang sudah ada tersebut menjadi lebih dari pesaing anda. 

3. Unik, dari Inovasi dan Kreatif 
Tadi akan muncul keunikan dari produk anda, yang membuat produk tersebut berbeda dari yang lain. Saya pernah membaca dari sebuah situs tapi saya lupa linknya. Jadi saat ini helm sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Tapi harusnya ada yang bisa membuat helm ini unik dan menjadi tidak pasaran lagi. Nah, maka dibuatlah usaha lukis helm yang dibuat sesuai permintaan pasar/konsumen. 

4. Hoby. 
Alasan kenapa hoby menjadi salah satu kiat untuk membuat usaha karena dari hobi tersebut kita bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati. Kita juga tahu tentang produk yang kita jual. Contohnya seseorang yang hobi dan menyukai koleksi sepatu, ada baiknya dia memulai bisnisnya dengan usaha sepatu. Itu karena dia melakukannya dengan senangan hati. Atau ada orang suka dandan dan mendandani orang lain bisa membuka salon dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. 

5. Sumber Modal. 
Hal ini merupakan hal yang sangat penting karena seseorang yang ingin memulai bisnis bingung darimana modal yang akan dia dapatkan. Sudah ada peluang, sudah berinovasi dan mempunyai ide yang bagus dan keunikan saying jika harus menyia-nyiakan peluang yang ada akibat tidak adanya modal. Modal bisa didapat darimana saja, jika takut pinjam di bank maka pinjam saja dengan orang tua atau kerabat terdekat. Dengan begitu usaha akan tetap terealisasi. Untuk mempertahankan bisnis yang sudah dilakukan tentu adalah jangan mudah menyerah karena usaha tersebut pasti akan naik turun seiring dengan banyaknya pesaing yang bermunculan. Jangan berhenti untuk berinovasi dan terus semangat. Pelayanan yang anda lakukan juga menjadikan konsumen setia akan produk anda. Anda bisa juga membaca Tips Jitu Untuk Mendirikan Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar