Sabtu, 18 Desember 2010

Mind Mapping Untuk Mahasiswa STIE Malangkucecwara

Pertama kali aku masuk kuliah di STIE MCE, aku diperkenalkan dengan Mind Mapping... Pada awalnya aku bertanya-tanya, apa sih sebenarnya Mind Mapping itu??? Apa sejenis somay,batagor, atau cilok. :D mugkin itu hanya pikiran orang awam sepertiku dulu. Tetapi setelah mendegar penjelasan dari dosen dan teman-teman, alhamdulilah sekarang saya mengerti tentang mind mapping. Dan disini aku memberitahu yang ingin tahu, :)

Apa gerangan Mind Mapping itu??
  • Mind Mapping itu merupakan peta pikiran yang bercabang-cabang kesegala arah dari suatu ttitk pusat dan  cabang-cabang tersebut bisa dikembangkan lagi menjadi anak dari cabang tersebut. Cabang-cabang tersebut juga harus tetap fokus dengan tema suatu pembahasan dalam titik pusat. Sedangkan anak dari cabang itu sendiri berisi tentang suatu pembahasan mengenai cabang yang pembahasanx lebih rinci. 
  • Mind Mapping itu merupakan penjelasan suatu pembahasan yang di gambarkan menjadi satu lembar kertas yang penyajiannya berupa gambar-gambar dan garis lengkung agar kita lebih mudah mengingatnya. Dan dengan gambaran itu kita akan lebih mudah mengetahui bagian mana yang belum kita pahami dan bagian mana yang sudah kita pahami.



Manfaat lain dari Mind Mapping :
  1. Misalkan suatu BAB pembahasan sudah kita buat Mind Mappingnya maka semua pembahasan tersebut akan terlihat hanya dengan satu kertas. Dan akan lebih mudah bagian mana yang telah dipahami dan bagian mana yang belum dipahami. Seperti yang telah aku sampaikan di atas.
  2. Karena Mind Mapping berupa gambar maka menyenangkan untuk dilihat dan mudah untuk mengingat dan memahaminya.
  3. Mempermudah dalam belajar.
  4. Menyederhanakan struktur yang rumit.
  5. Memudahkan ide yang mengalir dan membuatnya dalam bentuk Mind Mapping. Misalnya bagi seorang penulis buku tidak mungkin mereka mengingat semua yang akan mereka tulis. maka di mudahkan dengan menbuat Mind mapping ini.
  6. Dengan Mind Mapping kita juga bisa menghemat waktu, karena Mind Mapping berisi inti pembahasan tentang TEMA - MENU TEMA - SUBMENU TEMA. Serperti itu gambarannya.
  7. Mind Mapping juga mengoptimalkan otak kanan dan kiri.
  8. Dan mungkin masih banyak lagi manfaat dari Mind Mapping dalam kehidupan sehari-hari misalnya perencanaan masa depan. Mulai dari karier hingga menikah dan ingin punya anak berapa. Sampai perencanaan yang ingin dicapai. :)
Mind Mapping digunakan misalnya pada saat ;
  1. Ketika menemukan ide kreatif.
  2. Ketika ingin belajar agar penyerapan lebih efektif dan efisien.
  3. Ketika ingin mengetahui langkah-langkah yang ingin dicapai.
  4. Ketika dalam suatu suatu rapat, pembelajaran, diskusi agar efisien dan lancar.
Selain dengan manfaat dan kegunaan yang sangat membatu, dalam pembuatannya pun Mind Mapping sangat mudah. Caranya.....
Bahan-bahan dalam pembuatan Mind Mapping :
  1. Kertas kosong polos
  2. Pensil dan spidol warna-warni
  3. Hanya itu... hahahahaha
Mari kita latihan membuat mind mapping, aku ambilkan contoh tentang 6 topi berpikir :

1. Tentukanlah tema yang akan dibahas dan tulis lah di tengah.














2. Gunakanlah gambar dan simbol untuk memperindah mind mapping dan juga gunakan berbagai warna.















3. Hubungkan cabang-cabang utama ke pusat.














4. Buatlah garis hubung yang melengkung.














5. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis.














6. Tarraaa.... Mind mapping telah jadi.... hahahahaha

Ini hanya tampilan Mind Mapping secara sederhana pembuatan melalui software vym. Kalau tidak bisa menggunakan software Mind Mapping, kalian bisa memulainya dengan oret-oretan di kertas. Mungkin hanya ini pengetahuanku tentang Mind Mapping yang bisa aku sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca blog ini. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar