Kamis, 16 Juni 2011

E-Learning Menggunakan LCMS

Baiklah… saya akan menceritakan pengalaman saya yang kuliah di STIE-Malangkucecwara. Hari itu saya dan teman-teman mendapatkan tugas. Nah, masing-masing mahasiswa mendapatkan tema berbeda. Dan saya mendapatkan tema E-Learning, awalnya saya bingung saya akan membahas apa karena kalau membahas E-Learning saya rasa itu terlalu luas. Jadi saya mengambil E-Learning Menggunakan LCMS. Mungkin sebagian orang bertanya apa sih LCMS itu. Nah disini saya akan membahasnya…
dan waktu yang berbeda ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, model ini menggunakan koneksi internet. Misalnya penggunaan blog atau di Internet.
Pengetian E-Leraning sendiri adalah pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. Sedangkan Learning Content Management System adalah teknologi yang berkaitan dengan sisten pembelajaran manajemen yang biasanya akan dikirimkan melalui LMS. Lingkungan LCMS adalah dimana pengembang dapat membuat, menyimpan, menggunakan kembali, mengelola, dan menyampaikan konten pembelajaran teknologi.

a. Jadwal Database merupakan modul utama bagi peserta untuk mengatur materi kursus (misalnya dikampus kami SOS24)
b. Media Center Database yang berisi berbagai dokumen multimedia seperti artikel, video, suara rekaman,abstrak atau ringkasan.
c. Ruang Kuliah Virtual untuk berbagi informasi dan untuk memenuhi tugas kelompok.
d. Profil Databasemerupakan kumpulan data patisipan termasuk informasi kontak foto, pengalaman dan minat.
e. Database Manajemen Penilaian merupakan penilaian yang hanya bisa diakses oleh guru atau dosen sebagai alat evaluasi , hasi test, umpan balik dan kuis-kuis.
Pengguna Learning dan Peranannya:
a. Administrator : harus meyakinkan bahwa kuliah diikuti oleh mahasisiwa yang tepat dan database yang baik.
b. Designer : bertanggung jawab menyusun isi kuliah yang dikembangkan sesuai materi kursus yang dibutuhkan.
c. Instructur : berinteraksi dengan mahasiswa degan menggunakan satu dari berbagai kursus yang dikembangkan.
d. Mahasiswa : pengguna dalam satu atau lebih macam kursus.
Dan apabila pembelajaran menggunakan E-Learning berbasis LCMS ini maka akan banyak sekali kemudahan yang didapatkan. Semoga bermanfaat.


 Berikut adalah contoh Video tentang LCMS :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar